Perusahaan Mobil Top di Jepang

April 29, 2017
Bukan rahasia lagi bahwa industri otomotif Jepang adalah salah satu yang paling kuat dan lazim di dunia. Sejak tahun 1960-an, perusahaan mobil papan atas di Jepang bertanggung jawab atas mobil-mobil produksi paling banyak di dunia. Bahkan Jerman pun tidak bisa mengikuti pertumbuhan dan permintaan besar untuk mobil-mobil ini.

Pada 2012, Jepang memproduksi 9,9 juta mobil setiap tahunnya yang dijual baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Semua keberhasilan ini berasal dari kerja keras dan dedikasi perusahaan-perusahaan di dalam negeri. Mari jelajahi sejarah industri masif ini dan perusahaan mana yang paling menyumbang kesuksesan keseluruhan.



Perusahaan Top Jepang


Sebelum kita menyelidiki sejarah industri otomotif Jepang yang kaya, mari kita lihat perusahaan-perusahaan papan atas yang saat ini memproduksi mobil di Jepang. Tiga perusahaan mobil teratas adalah sebagai berikut tanpa urutan tertentu:


  • Honda
  • Nissan
  • Toyota

Sekarang, mari kita periksa masing-masing secara lebih rinci untuk melihat di mana mereka berdiri dalam hal persaingan satu sama lain.

1. Honda

Honda Motors berhasil meningkatkan penjualan global mereka di tahun 2013 dan menjual lebih dari 4 juta kendaraan. Pasar terbesar untuk mereka ada di Amerika Serikat. Honda CR-V compact adalah penjual teratas untuk perusahaan tersebut, dan penjualan gabungan mereka dari merek Honda dan Acura adalah salah satu nomor penjualan tertinggi yang pernah ada perusahaan.

2. Nissan

Nissan memiliki aliansi dengan merek mobil Prancis Renault, dan inilah kesepakatan yang menjadikannya sebagai tahun penjualan yang mengesankan di tahun 2013 dengan 8,2 juta kendaraan terjual, yang sebagian besar berasal dari sisi Jepang aliansi. Pasar terbesar Nissan berada di China sebenarnya berada di tempat yang mendominasi merek mobil Jepang lainnya.

3. Toyota

Toyota memerintah tertinggi sebagai produsen mobil papan atas di dunia. Pada tahun 2013 menempati posisi nomor satu untuk tahun kedua berturut-turut dengan 9,98 juta kendaraan terjual. Toyota Corolla merupakan mobil terlaris tahun 2013 untuk perusahaan otomotif ini.


Sejarah Industri Otomotif Jepang


Perusahaan mobil di Jepang yang telah sukses semuanya berasal dari sejarah kerja keras dan inovasi yang kaya. Semuanya dimulai pada tahun 1904 ketika Torao Yamaha menciptakan bus produksi pertama di Jepang yang didukung oleh mesin uap. Tiga tahun kemudian, Komanosuke Uchiyama menciptakan Takuri: kendaraan bertenaga bensin buatan Jepang yang pertama.

Perusahaan otomotif mulai terbentuk dan akhirnya bergabung bersama menjadi DAT Automobile Manufacturing Company yang pada akhirnya akan menjadi Nissan Motors. Sebelum Perang Dunia II banyak mobil di Jepang berbasis model Eropa.

Sebagai contoh, Model Mitsubishi 1917 A terinspirasi oleh desain Fiat A3-3. Dua puluh dua di antaranya dibuat, menjadikannya model produksi massal pertama di Jepang.
Pada tahun 1925 Ford Motor Company of Japan diciptakan dan sebuah pabrik dibangun di Yokohama untuk memulai produksi. Pada tahun 1927, General Motors masuk untuk mendirikan toko di Osaka. Chrysler mengikutinya, menyiapkan Kyoritsu Motors selama ini antara tahun 1925 dan 1936.

Ini memperkuat kehadiran produsen Big Three di Amerika Serikat, tapi itu tidak akan bertahan lama. Perusahaan asing tersebut menghasilkan 208.967 kendaraan dibandingkan dengan 12.127 yen Jepang yang memicu kebakaran.

Pada tahun 1936 pemerintah Jepang mengeluarkan Undang-undang Industri Manufaktur Mobil, yang mempromosikan perusahaan domestik dan persaingan terbatas dari perusahaan-perusahaan asing. Baru pada tahun 1939 sebelum perusahaan asing terpaksa meninggalkan Jepang.

Setelah Perang Dunia II, produksi kendaraan turun. Sampai tahun 1966, sebagian besar kendaraan yang diproduksi adalah truk dan kendaraan roda tiga. Ekspor turun, dan desainnya tetap menjadi salinan desain lainnya.

Tahun 1960-an melihat kebangkitan industri ini. Skuter dan sepeda motor menjadi kendaraan yang dominan dan lebih mudah diekspor karena pajaknya tidak setinggi mobil seukuran penuh. Warga rata-rata juga mampu membeli kendaraan juga, yang meningkatkan penjualan.

Faktor kunci inilah yang membuat Jepang berada di jalur untuk menjadi pemain dominan saat ini. Fokus beralih dari mobil yang lebih kecil dan beralih ke kendaraan berukuran keluarga dengan mesin yang lebih bertenaga. Nissan adalah orang pertama yang memasuki wilayah ini dengan Sunny 1966.

Toyota mencoba melepaskan diri dari mesin satu liter Nissan dan malah memilih opsi 1,1 liter yang memberikan kekuatan 100 cc ekstra. Mobil keluarga kecil era ini dengan cepat menjadi fokus di pasar mobil.

Ekspor melonjak dua ratus kali lipat di tahun 1960-an yang juga didorong oleh ekspansi besar-besaran di pasar domestik. Pada tahun 1970-an banyak perusahaan mobil papan atas di Jepang mulai menjual kendaraan di pasar luar negeri. The 1973 Arab Oil Embargo menaikkan nilai mata uang asing dan mendorong pertumbuhan lebih jauh lagi.

Pada tahun 1980-an Jepang memiliki saham utama di AS dan pasar internasional. Nissan khususnya menjadi sangat populer di kalangan orang Inggris yang menyanjungnya karena bisa diandalkan dengan biaya perawatan yang rendah.


Pemikiran Akhir


Industri otomotif Jepang adalah contoh cemerlang bagaimana memantul kembali dan mengandalkan bakat dan inovasi domestik untuk sukses. Meski terjatuh, negara tersebut terus bangkit dan berjuang untuk tempat mereka di antara perusahaan mobil lain di dunia. Keduanya inspiratif dan inovatif, mobil-mobil ini tidak akan kemana-mana dalam waktu dekat.
Previous
Next Post »
0 Komentar